logo Kompas.id
InternasionalRusia Ikuti Langkah AS Keluar dari Perjanjian Open Skies Treaty

Rusia Ikuti Langkah AS Keluar dari Perjanjian Open Skies Treaty

Rusia mengikuti langkah Amerika Serikat keluar dari perjanjian Open Skies Treaty yang sudah diikuti sejak 2002. Belanja militer kedua negara itu juga terus meningkat di tengah pandemi Covid-19 yang menguras dana.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Pemungutan suara anggota Majelis Rendah Parlemen Rusia Duma, Rabu (19/5/2021), mendukung sikap Pemerintah Rusia yang ingin menarik diri dari perjanjian Ruang Udara Terbuka (Open Skies Treaty) yang telah diikuti sejak 2002. Hasil keputusan Duma ini dibawa ke Majelis Tinggi dan kemudian disahkan oleh Presiden Vladimir Putin, Senin (7/6/2021).

MOSKWA, SELASA — Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin (7/6/2021), menandatangani undang-undang yang akan memastikan penarikan negara itu dari Traktat Ruang Udara Terbuka (Open Skies Treaty/OST) yang telah diikutinya sejak 2002. Langkah itu menyusul kepastian Pemerintah Amerika Serikat tidak akan bergabung kembali dengan traktat tersebut. Di era Presiden Donald Trump, AS menyatakan diri keluar pada Mei 2020.

Semula, Rusia berharap Putin dan Presiden AS Joe Biden membahas soal perjanjian ini ketika keduanya dijadwalkan bertemu di Geneva, Swiss, pertengahan Juni ini. Namun, keputusan Biden yang diumumkan bulan lalu bahwa AS tidak akan kembali ke perjanjian itu membuat Kremlin memutuskan untuk mengikuti langkah AS.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..