logo Kompas.id
InternasionalPolemik Penyelidikan Asal Virus Covid-19, Menuntaskan Teka-teki yang Tak Terjawab

Polemik Penyelidikan Asal Virus Covid-19, Menuntaskan Teka-teki yang Tak Terjawab

Penyelidikan kembali perihal asal-usul virus korona baru penyebab Covid-19 dinilai penting untuk menjadi pelajaran bagi dunia mengenai sistem pertahanan massal terhadap risiko munculnya penyakit-penyakit baru.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/HECTOR RETAMAL

Gedung laboratorium P4 di Institut Virologi Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, China, terlihat dalam foto bertanggal 17 April 2020.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengapungkan kembali teori spekulatif yang pernah dilontarkan pendahulunya, Presiden Donald Trump, mengenai kemungkinan teori tentang bocornya laboratorium pada Institut Virologi Wuhan di China sebagai asal muasal penyebaran Covid-19. Selain teori ini, memang ada teori lain yang juga diyakini komunitas intelijen ataupun komunitas ilmiah, yakni penularan secara alamiah dari hewan ke manusia.

Melalui pernyataan tertulis yang dirilis Gedung Putih, Rabu (26/5/2021) waktu setempat, Biden memerintahkan tim intelijen untuk menginvestigasi lebih dalam teori tentang bocornya laboratorium di Wuhan sebagai salah satu kemungkinan asal muasal penyebaran Covid-19. Kepada lembaga intelijen AS, Biden memberikan waktu 90 hari untuk penyelidikan itu.

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..