logo Kompas.id
InternasionalTarik-Menarik Kepentingan AS-Rusia yang Tetap Alot

Tarik-Menarik Kepentingan AS-Rusia yang Tetap Alot

Untuk pertama kalinya, Menlu AS dan Menlu Rusia bertemu empat mata. Keduanya membahas hubungan bilateral dan persoalan global yang tetap alot karena kepentingan masing-masing.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/M Zaid Wahyudi

Tugu Lingkar Arktika atau Lingkar Kutub Utara di Kampung Santa Klaus, Rovaniemi, Finlandia, Minggu (30/4/2017). Lingkar kutub utara itu terletak pada 66,5 derajat lintang utara atau tepatnya 66 derajat 32 menit 35 detik lintang utara.

REYKJAVIK, KAMIS — Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Ibu Kota Islandia, Reykjavik, selesai dilakukan pada Rabu (19/5/2021) waktu setempat atau Kamis WIB. Pertemuan itu disebutkan berlangsung secara terbuka dari kedua belah pihak, tetapi belum menemukan solusi untuk berbagai masalah bilateral yang dialami kedua negara.

Pertemuan antara menlu AS dan Rusia ini berlangsung di antara acara rapat delapan negara yang berbatasan dengan Arktika. Dewan Arktika ini terdiri dari AS, Rusia, Kanada, Denmark, Finlandia, Islandia, Swedia, dan Norwegia. Mereka rutin bertemu setiap dua tahun sekali.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan
Memuat data..