logo Kompas.id
InternasionalAS-Korsel Bahas Strategi untuk Menghadapi Korut

AS-Korsel Bahas Strategi untuk Menghadapi Korut

Pemerintah AS dan Korsel memperkuat lagi hubungan setelah empat tahun tanpa kepastian. Kali ini, keduanya membahas strategi yang terkoordinasi dalam menghadapi ancaman nuklir Korut.

Oleh ADHITYA RAMADHAN
· 1 menit baca
Memuat data...
KIM HONG-JI/POOL PHOTO VIA AP

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kanan) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Istana Kepresidenan Gedung Biru, Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/3/2021).

SEOUL, JUMAT — Amerika Serikat dan Korea Selatan menekankan bahwa program rudal nuklir dan balistik Korea Utara merupakan ancaman. Dua negara itu juga sepakat memperkuat kembali kemitraan, termasuk menegaskan ulang komitmen bersama untuk menangani dan menyelesaikan ancaman itu dengan strategi terkoordinasi.

Isu nuklir Korut itu muncul dalam pertemuan ”dua plus dua”, yakni melibatkan menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara, di Seoul, Kamis (18/3/2021). Mereka adalah  Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Korsel Chung Eui-yong serta Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Korsel Suh Wook.

Editor: Pascal S Bin Saju, Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..