logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊBung Karno, Gagarin, dan...
Iklan

Bung Karno, Gagarin, dan Kosmonot Soviet

Presiden Soekarno punya hubungan persahabatan dengan berbagai bangsa dan tokohnya, salah satunya Uni Soviet. Bung Karno mengagumi para kosmonot Soviet, seperti Yuri Gagarin.

Oleh
Iwan Santosa
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/mgiXHQng2zcjko0ch8SbP0jikuo=/1024x675/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2FPRESIDEN-SOEKARNO-6-01_1615601295.jpg
RIA NOVOSTI

Presiden Soekarno (kanan), bersama para kosmonot Uni Soviet, (dari kiri ke kanan) Yuri Gagarin, Chairman of the USSR Supreme Soviet Anastas Mikoyan, dan kosmonot perempuan pertama Valentina Tereshkova. Dalam kunjungan ke Moskwa, Oktober 1964, Bung Karno menganugerahkan Bintang Jasa Mahaputra kepada Gagarin.

Presiden Soekarno punya hubungan persahabatan dengan berbagai bangsa dan tokohnya. Salah satunya adalah pertemanan Bung Karno dengan Perdana Menteri Nikita Kruschev dari Uni Soviet yang sekaligus membuka pintu perkenalan dengan manusia pertama yang mengorbit bumi: Yuri Gagarin.

Pada Jumat (12/3/2021) siang, Duta Besar Republik Federasi Rusia Liyudmila Vorobyova mengekalkan kenangan hubungan persahabatan tersebut dengan meresmikan patung Yuri Gagarin seukuran manusia, yang diresmikan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sebuah taman di Jakarta Selatan.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan