logo Kompas.id
InternasionalPersaingan Antargeng di Tiga Penjara Ekuador, Puluhan Orang Tewas

Persaingan Antargeng di Tiga Penjara Ekuador, Puluhan Orang Tewas

Puluhan narapidana tewas dalam kerusuhan yang terjadi akibat persaingan antargeng di penjara di Ekuador.

Oleh Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/ANGEL DEJESUS

Kerabat narapidana menangis di luar penjara Guayaquil, Ekuador, Selasa, (23/2/2021). Otoritas pengelola penjara pemerintah menyatakan 33 orang tewas di penjara Cuenca di Ekuador selatan, 21 orang di Guayaquill, dan 8 orang di pusat kota Latacunga.

QUITO, SELASA — Sedikitnya 75 tahanan tewas dan sejumlah orang terluka dalam kerusuhan, Selasa (23/2/2021), yang terjadi akibat persaingan antargeng di tiga penjara yang terlalu padat di Ekuador. Saat aparat keamanan berusaha memulihkan situasi, anggota keluarga para tahanan cemas menunggu kabar di luar penjara di kota pelabuhan Guayaquil. Di penjara itu saja 21 orang dikabarkan tewas.

Direktur Badan Manajemen Penjara Pemerintah Ekuador Edmundo Moncayo menjelaskan, sebanyak 33 tahanan di penjara Cuenca tewas dan 8 tahanan tewas di Latacunga. ”Kami mau lihat daftar korban yang tewas. Kami tahu masalahnya belum selesai karena telepon seluler suami-suami kami belum bisa dihubungi,” kata Daniela Soria (29), salah satu dari 40 perempuan yang menunggu di luar penjara Guayaquil, sambil menangis.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan