logo Kompas.id
InternasionalKeamanan Data dan Keamanan Diri, Dua Sisi Pengawasan Kesehatan secara Digital

Keamanan Data dan Keamanan Diri, Dua Sisi Pengawasan Kesehatan secara Digital

Seiring dengan vaksinasi yang mulai berlangsung, penggunaan aplikasi pengawas kesehatan secara digital semakin marak. Di samping ada manfaatnya, penggunaan teknologi memicu kekhawatiran soal penerobosan ranah pribadi.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/GREG BAKER

Warga menggunakan Apps di telepon pintar mereka untuk memindai kode yang dibutuhkan untuk membuktikan kondisi kesehatan dan riwayat pergerakan mereka sebelum memasuki sebuah pusat perbelanjaan di Beijing, China, 2 Mei 2020.

Pandemi Covid-19 telah berlangsung setahun. Berbagai upaya dilakukan untuk mengendalikan penyakit itu. Salah satu caranya adalah pemanfaatan teknologi untuk pemeriksaan dan pemantauan warga. Di samping manfaatnya, penggunaan teknologi juga memicu kekhawatiran soal penerobosan ranah pribadi.

Di sejumlah negara, para pelawat dan warga diwajibkan mengunduh aplikasi pemantau pergerakan. Aplikasi itu berisi sejumlah data pribadi, terutama nomor identitas, nama, alamat, dan nomor telepon. Beberapa aplikasi malah merekam pengunduhnya mendatangi lokasi mana saja, mengakses media penyimpanan data di ponsel, sampai daftar kontak.

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..