logo Kompas.id
InternasionalKorsel-AS Tingkatkan Aliansi Strategis untuk Perdamaian Semenanjung Korea

Korsel-AS Tingkatkan Aliansi Strategis untuk Perdamaian Semenanjung Korea

Moon Jae-in yang telah menawarkan diri sebagai mediator AS dan Korea Utara tengah menghadapi tantangan. Komunikasi Washington dan Pyongyang macet sejak pertemuan terakhir antara Donald Trump dan Kim Jong Un.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/PYEONGYANG PRESS CORPS/POOL

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melambaikan tangan ke arah warga didampingi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat pawai mobil di Pyongyang, Korea Utara, Selasa, 18 September 2018.

SEOUL, KAMIS — Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, pada Kamis (4/2/2021), berjanji meningkatkan aliansi dengan Amerika Serikat. Kedua negara bersepakat menyiapkan strategi bersama secara komprehensif dalam menghadapi dinamika di Semenanjung Korea.

Janji Seoul dan kesepakatan kedua pihak itu diungkapkan Kantor Presiden Korsel seusai perbincangan melalui saluran telepon antara Moon dengan Presiden AS Joe Biden. Panggilan telepon itu adalah jalinan komunikasi secara langsung pertama antara kedua pemimpin itu sejak Biden dilantik sebagai presiden pada 20 Januari lalu. Moon yang telah menawarkan untuk menjadi mediator antara AS dan Korea Utara tengah menghadapi tantangan. Komunikasi Washington dan Pyongyang macet sejak pertemuan terakhir antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..