logo Kompas.id
InternasionalEfikasi Vaksin Novavax pada ODHA Capai 60 Persen

Efikasi Vaksin Novavax pada ODHA Capai 60 Persen

Kabar menggembiraka bagi para pengidap HIV-AIDS, vaksin Novavax memiliki tingkat efikasi hingga 60 persen. Kabar ini menggembirakan, terutama bagi para ODHA di Afrika Selatan.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/RODGER BOSCH

Dua pria berjalan melintasi Long Street, biasanya salah satu tempat hiburan tersibuk dan paling populer dengan bar, kelab, dan restoran di kota, dengan papan reklame Stay Home, di Cape Town, pada 3 April 2020.

CAPE TOWN, SABTU — Kabar bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Novavax Inc memiliki efikasi sekitar 60 persen pada orang dengan HIV-AIDS (ODHA) dan memiliki kemampuan melawan varian virus SARS-CoV-2 yang tengah berkembang di Afrika Selatan disambut baik banyak kalangan. Meski begitu, studi lanjutan terus didorong.

Hasil studi kecil Novavax Inc negara itu menunjukkan bahwa vaksin itu bekerja baik meski tidak sebaik di Inggris yang memiliki efektivitas hampir 96 persen melawan virus SARS-CoV-2 yang orisinil dan 86 persen efektif melawan variasi virus tersebut. Namun, meski efikasi itu hanya 60 persen pada ODHA di Afsel, angka itu tetap disambut baik di negara yang memiliki 7,7 juta orang hidup dengan HIV-AISD.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan