logo Kompas.id
InternasionalJelang Lengser, Trump-Pompeo Tuding China Lakukan Genosida terhadap Uighur

Jelang Lengser, Trump-Pompeo Tuding China Lakukan Genosida terhadap Uighur

Jelang lengser, Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengumumkan bahwa China telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur di Xinjiang. Perlu usaha ekstra untuk membawanya ke pengadilan.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/MANDEL NGAN

Dalam foto yang diambil pada 29 Mei 2020 ini, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bersama Presiden Donald Trump menghadiri konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih, Washington, DC.

WASHINGTON, RABU — Hanya sehari jelang pelantikan Joe Biden yang akan menggantikannya sebagai presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Mike Pompeo menuding Pemerintah China melakukan genosida terhadap Muslim Uighur yang tinggal di Provinsi Xinjiang, China. Trump dan Pompeo meyakini bahwa Pemerintah China di bawah Presiden Xi Jinping telah melakukan usaha yang sistematis untuk memusnahkan Muslim Uighur.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dalam pernyataannya, Selasa (19/1/2021), mengatakan, langkah itu diambilnya setelah penelitian dan pengamatan yang cermat atas fakta-fakta yang ada. Dalam pernyataannya, Pompeo mengatakan, partai berkuasa di China melakukan kejahatan kemanusiaan itu setidaknya sejak Maret 2017.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan