logo Kompas.id
InternasionalKemitraan untuk Bangkit Bersama

Kemitraan untuk Bangkit Bersama

Prioritas politik luar negeri Indonesia diwujudkan antara lain lewat mengundang investasi asing ke dalam negeri. Pendekatan ke negara-negara Pasifik juga digencarkan.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRIS MADA

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan capaian diplomasi Indonesia 2020 dan prioritas diplomasi Indonesia 2021 dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2021, Rabu (6/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia terus meningkatkan kemitraan dengan negara-negara lain sebagai modal bangkit bersama dari dampak pandemi Covid-19. Diplomasi Indonesia juga penting untuk menjaga kedaulatan dan menggerakkan perekonomian di dalam negeri.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyebut bahwa pandemi berdampak banyak bagi negara dan kawasan, termasuk di Pasifik. ”Selain pandemi, negara-negara Pasifik terancam kehilangan wilayahnya karena kenaikan permukaan laut. Ini masalah serupa yang dihadapi sebagian wilayah di Indonesia. Karena itu, penting bagi Indonesia menunjukkan komitmen membantu Pasifik dan bersama-sama menghadapi pandemi dan perubahan iklim,” tuturnya di Wellington saat dihubungi, Kamis (7/1/2021).

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..