logo Kompas.id
InternasionalMenuju Rekonsiliasi Arab Teluk

Menuju Rekonsiliasi Arab Teluk

Pada awal tahun 2021, angin persaudaraan berembus di kawasan Arab Teluk. Enam negara di kawasan itu mengupayakan rekonsiliasi antara Qatar dan empat negara Arab lainnya.

Oleh MUSTHAFA ABD RAHMAN, DARI KAIRO, MESIR
· 1 menit baca
Memuat data...
PHOTOS BY BANDAR AL-JALOUD AND FETHI BELAID / VARIOUS SOURCES / AFP

Gabungan foto yang dibuat pada 3 Desember 2019 ini memperlihatkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud saat tiba untuk menyampaikan pidato dalam sidang Dewan Shura, 20 November 2019 (kiri), dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani saat menghadiri sesi pembuka KTT Ke-30 Liga Arab di Tunis, Tunisia, 31 Maret 2019.

Para pemimpin  Arab Teluk tampak bertekad menyambut tahun baru 2021 dengan lembaran baru. Mereka terlihat ingin segera meningggalkan lembaran-lembaran hitam yang menyelimuti kawasan Arab Teluk selama 3,5 tahun, persisnya sejak Juni 2017.

Pada Juni 2017, tiga negara Arab Teluk, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain plus Mesir memblokade total negara tetangga mereka, Qatar. Ketiga negara Arab Teluk plus Mesir itu menuduh Qatar mendukung jaringan teroris di Timur Tengah dan belahan dunia lainnya. Qatar membantah keras tuduhan itu.

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..