logo Kompas.id
InternasionalIran Galang Dukungan Hadang...

Iran Galang Dukungan Hadang Sanksi Sepihak AS

Iran mencoba menggalang dukungan dunia internasional untuk menghadang Pemerintah AS yang secara sepihak menerapkan sanksi kepada mereka. Jerman, Inggris, dan Perancis menolak penerapan sanksi itu.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/SYPpHPXABzCAW0QsLhYKpDaDsSs=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F06%2FMIDEAST-IRANUSA-SANCTIONS_80922110_1561393172.jpg
REUTERS/CARLOS BARRIA

Presiden AS Donald Trump menandatangani keputusan sanksi baru terhadap Iran, yang menarget Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan beberapa pejabat Iran lainnya, disaksikan Wakil Presiden Mike Pence (kanan) dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin di Gedung Putih, Washington DC, AS, Senin (24/6/2019). Mnuchin mengatakan, dengan sanksi tersebut, AS memblokir aset-aset Iran senilai miliaran dollar AS.

TEHERAN, MINGGU — Iran tidak tinggal diam melihat Pemerintah Amerika Serikat, tanpa persetujuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menerapkan sanksi sepihak yang membuat embargo persenjataan konvensional terhadap negara mereka berlaku hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Iran mencoba menggalang dukungan agar dunia internasional menolak sanksi sepihak Pemerintah AS.

Pemerintah AS, tepat pukul 20.00 waktu setempat atau Minggu (20/9) pukul 07.00 waktu Indonesia, menyatakan semua sanksi PBB terhadap Iran kembali berlaku dan embargo senjata konvensional Iran akan berlanjut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini berarti, dalam pandangan Pemerintah AS, sanksi PBB yang tercantum dalam Resolusi 2231 tidak dicabut.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan