logo Kompas.id
InternasionalTerkait Wilayah Kashmir, Pakistan Kecam India sebagai Penjajah

Terkait Wilayah Kashmir, Pakistan Kecam India sebagai Penjajah

Wilayah Kashmir merupakan subyek persengketaan antara India dan Pakistan di Pegunungan Himalaya sejak 1947. Kedua negara mengklaim sebagai pemilik wilayah itu dan sejak itu pula keduanya berperang memperebutkan Kashmir.

Oleh Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/AKHTAR SOOMRO

Pedukung Partai Jamaat-e-Islami (JI) berunjuk rasa untuk memperingati satu tahun ”Day of Exploitation in Kashmir”, 5 Agustus 2020.

ISLAMABAD, KAMIS — Satu tahun setelah Pemerintah India menguasai wilayah Kashmir, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan melabeli India sebagai penindas dan penjajah. Aksi solidaritas dengan turun ke jalan berlangsung di hampir semua kota di Pakistan, Rabu (5/8/2020), dilakukan untuk memperingati hari di mana India mencabut status semiotonomi. Ini yang membuat Pakistan berang.

Pada Rabu kemarin, genap satu tahun langkah India menata ulang wilayah Negara Bagian Jammu dan Kashmir ke dalam dua wilayah persatuan (union territory), yakni Jammu dan Kashmir (J&K), serta Ladakh. India berpandangan, langkah itu untuk pemerataan pembangunan, peningkatan tata kelola, dan keadilan sosial ekonomi untuk bagian-bagian penduduk yang kurang beruntung.

Editor: Pascal S Bin Saju
Bagikan
Memuat data..