logo Kompas.id
InternasionalEkspor Masih Rendah, UMKM Indonesia Diminta Rambah Pasar Mesir

Ekspor Masih Rendah, UMKM Indonesia Diminta Rambah Pasar Mesir

Upaya usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia masih rendah dalam memanfaatkan pangsa pasar Mesir. Padahal, Mesir mempunyai potensi yang besar. UMKM Indonesia perlu membangun terobosan penetrasi pasar ke Mesir.

Oleh MUSTHAFA ABD RAHMAN, DARI KAIRO, MESIR
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI KBRI KAIRO

Suasana acara Indonesia Bisnis Expo di kota Alexandria, sekitar 225 kilometer sebelah barat laut kota Kairo, Mesir, tahun 2019.

KAIRO, KOMPAS — Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan penggerak perekonomian Indonesia ataupun Mesir. Seperti diperlihatkan oleh data Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI untuk Mesir, sekitar 99 persen perekonomian Indonesia dikuasai UMKM atau sekitar 58 juta unit usaha UMKM. Hal yang sama juga terjadi di Mesir. Perekonomian negara itu juga digerakkan oleh UMKM. Sebanyak 97 persen perekonomian Mesir digerakkan oleh UMKM atau sekitar 25 juta unit UMKM.

Kedutaan Besar RI (KBRI) Kairo bekerja sama dengan komunitas Go Export yang berbasis di kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (23/7/2020), menggelar webinar dengan tema ”Menjual Produk Indonesia ke Mancanegara” dalam upaya meningkatkan ekspor produk UMKM ke mancanegara, khususnya Mesir.

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..