logo Kompas.id
InternasionalIndia Pilih Uni Eropa untuk Jajaki Kemitraan Perdagangan

India Pilih Uni Eropa untuk Jajaki Kemitraan Perdagangan

Salah satu ganjalan dalam hubungan kerja sama dagang India-China adalah dinamika di Kashmir. Pemerintah Modi kesal dengan kritik di Eropa atas tindakannya di wilayah yang dikelola India itu.

Oleh
BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
HANDOUT/PIB/AFP

Dalam foto pada 15 Juli 2020 yang disediakan Biro Informasi Media India tampak PM Narendra Modi (kanan) menghadiri KTT virtual India-Uni Eropa melalui konferensi dengan Presiden Dewan Charles Michel (layar atas) dan Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen (layar bawah) di New Delhi.

BRUSSELS, RABU — Para pemimpin India dan Uni Eropa, Rabu (15/7/2020), berjanji memperdalam hubungan perdagangan di saat kedua pihak menghadapi guncangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan meningkatnya ketegangan India dengan China. Dialog perdagangan di tingkat para menteri kedua pihak akan segera digelar.

Kesepakatan itu tercapai dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang digelar secara virtual, Rabu. Konferensi dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen, dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Editor:
Pascal Bin Saju
Bagikan