logo Kompas.id
InternasionalPandemi Tak Hentikan Perlombaan Senjata dan Unjuk Kekuatan Militer

Pandemi Tak Hentikan Perlombaan Senjata dan Unjuk Kekuatan Militer

Di tengah pandemi Covid-19, persaingan negara-negara dalam belanja senjata dan unjuk kekuatan militer di Afrika Utara tetap berjalan. Mesir dan Maroko memborong berbagai senjata dan Turki menggelar latihan militer.

Oleh MUSTHAFA ABD RAHMAN, DARI KAIRO, MESIR
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH

Sebuah pesawat militer Mesir terbang di atas rumah-rumah di tengah pandemi Covid-19 di Abu Kabir, Provinsi Sharqia, utara Kairo, Mesir, Sabtu (13/6/2020).

KAIRO, KOMPAS — Penyebaran Covid-19 di Timur Tengah dan Afrika Utara tidak menghentikan lomba belanja senjata dan unjuk kekuatan militer di kawasan itu. Perang saudara di Libya yang berlarut-larut dan ketegangan di Laut Tengah bagian timur terkait penemuan sumber gas yang melimpah di area itu menjadi salah satu faktor pemicu lomba belanja senjata dan unjuk kekuatan militer tersebut.

Mesir, seperti diberitakan harian Italia, La Repubblica, Sabtu (13/6/2020), berhasil mencapai transaksi pembelian senjata dari Italia senilai 11,2 miliar euro. Dari transaksi itu, Mesir membeli dua kapal perang fregat dari Italia senilai 1,2 miliar euro. Mesir juga membeli 24 pesawat latih militer M346,  24 pesawat tempur Eurofighter Typhoon, dan 20 perahu karet cepat senilai 10 miliar euro.

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..