logo Kompas.id
InternasionalAS dan Taliban Kembali Bahas Perdamaian Afghanistan di Doha

AS dan Taliban Kembali Bahas Perdamaian Afghanistan di Doha

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan bertemu dengan Mullah Baradar, pimpinan juru runding Taliban, untuk membicarakan kelanjutan proses damai di Afghanistan.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu dengan Abdullah Abdullah, rival Presiden Ashraf Ghani pada pemilihan presiden Afghanistan. Sikap keras kepala Abdullah Abdullah dan Ghani membuat Pemerintah AS memutuskan memotong bantuan kepada Afghanistan senilai 1 miliar dollar AS mulai tahun 2020.

DOHA, SELASA — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan kelompok Taliban sekembalinya dari Afghanistan, Senin (23/3/2020) waktu setempat atau Selasa ini WIB. Pompeo akan membicarakan kelanjutan proses perdamaian di Afghanistan, termasuk perundingan intra-Afghanistan, yang kini terhenti.

Pompeo dijadwalkan bertemu dengan pimpinan juru runding Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, di pangkalan militer Al Udeid, Doha, Qatar, Selasa ini. Pangkalan militer Al Udeid selama satu tahun terakhir digunakan oleh pasukan koalisi dan negara-negara Teluk sebagai basis penempatan militer mereka selama perundingan berlangsung.

Editor:
Pascal Bin Saju
Bagikan