logo Kompas.id
InternasionalAfghanistan Memiliki Dua Presiden Bermusuhan

Afghanistan Memiliki Dua Presiden Bermusuhan

Afghanistan sejak Senin (9/3/2020) memiliki dua presiden yang bermusuhan satu sama lainnya. Keduanya sama-sama mengklaim sebagai pemimpin terpilih sehingga masing-masing mengadakan upacara pelantikan sebagai presiden.

Oleh
Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
(PHOTO BY WAKIL KOHSAR / AFP)

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (tengah) berpegangan tangan dengan Wakil Presiden I Amrullah Saleh (kiri) dan Wakil Presiden II Sarwar Danish pada saat upacara pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai presiden di Istana Presiden di Kabul, Senin (9/3/2020). Afghanistan kian didera krisis politik karena pada saat yang sama pesaing Ghani, Abdullah Abdullah, juga melantik dirinya sebagai presiden terpilih.

KABUL, SENIN — Akibat polemik hasil pemilihan umum pada September 2019, kini Afghanistan memiliki dua presiden. Presiden petahana Afghanistan Ashraf Ghani dan pesaingnya, Abdullah Abdullah, sama-sama dilantik dalam upacara pelantikan yang berbeda, Senin (9/3/2020).

Keduanya sama-sama mengklaim sebagai pemimpin terpilih. Jika krisis kepemimpinan ini tidak juga selesai, akan memicu kekacauan politik, terutama setelah Amerika Serikat dan Taliban menandatangani kesepakatan penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Editor:
Pascal Bin Saju
Bagikan