logo Kompas.id
InternasionalInggris Raya Tolak Tuntutan Referendum Skotlandia, Ganggu Brexit

Inggris Raya Tolak Tuntutan Referendum Skotlandia, Ganggu Brexit

Skotlandia bertekad bulat menggelar referendum untuk merdeka dari Inggris. Namun Pemerintah Inggris menolak tuntutan itu karena akan mengganggu dan mengalihkan perhatian dari isu Brexit.

Oleh Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
(NEIL HANNA/AFP)

Ketua Partai Nasional Skotlandia (SNP) dan Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon, Kamis (19/12/2019), memaparkan rencana referendum kedua Skotlandia untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Skotlandia dari naungan Inggris Raya.

LONDON, KAMIS — Skotlandia sudah bulat tekad akan mengadakan referendum lagi sebagai pintu kemerdekaan dari naungan keluarga besar Inggris Raya. Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon memaparkan rencana referendum yang diagendakan akan dilakukan tahun depan. Menurut Sturgeon, alasan referendum kini sudah kuat secara konstitusional karena Partai Nasional Skotlandia (SNP) meraup 48 dari 59 kursi di Parlemen Inggris dalam pemilu pekan lalu. Pada pemilu sebelumnya, 2015 dan 2017, SNP juga meraih suara mayoritas.

”Hasil-hasil pemilu itu menunjukkan referendum untuk kemerdekaan tidak terbantahkan. Ini mandat baru saya,” kata Sturgeon, Kamis (19/12/2019), di Edinburgh, Inggris.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..