logo Kompas.id
InternasionalMenjelajah dan Merayakan Akulturasi Budaya

Menjelajah dan Merayakan Akulturasi Budaya

Dalam sejarah perjalanan Indonesia keragaman bangsa ini tidak terlepas dari kebudayaan China atau Tionghoa Jejak budaya dan peradabannya tecermin pada peninggalan di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya di Lasem Rembang Jawa Tengah Lasem merupakan wilayah yang kental dengan warisan buday

· 1 menit baca

Dalam sejarah perjalanan Indonesia, keragaman bangsa ini tidak terlepas dari kebudayaan China atau Tionghoa. Jejak budaya dan peradabannya tecermin pada peninggalan di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Lasem merupakan wilayah yang kental dengan warisan budaya peranakan Tionghoa-Melayu. Ini terlihat dari arsitektur bangunan, motif batik, dan kuliner.

Salah satu peninggalan yang masih berdiri kokoh dan terawat adalah Kelenteng Cu An Kiong, sekitar 200 meter dari jalur pantai utara, Lasem. Di kompleks kelenteng yang dibangun pada 1477 itu, dibangun monumen untuk mengenang perjuangan laskar Tionghoa dan Jawa melawan pasukan VOC pada 1740-1743.

Memuat data...
KOMPAS/PRADIPTA PANDU MUSTIKA

Diaspora peranakan Tionghoa dan delegasi dari sejumlah negara mengunjungi Kelenteng Cu An Kiong di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Senin (26/11/2018). Kunjungan diaspora dan delegasi ke tempat bersejarah tersebut merupakan bagian dari acara Konferensi Peranakan ke-31.

Editor:
Bagikan
Memuat data..