logo Kompas.id
InternasionalMesir-Saudi Perkuat Relasi

Mesir-Saudi Perkuat Relasi

KAIRO KOMPAS &mdash Kemitraan Mesir dan Arab Saudi semakin erat terjalin Langkah kedua negara untuk menjadi koalisi strategis makin maju salah satunya ditandai dengan penandatanganan kesepakatan pengembangan wilayah Sinai Senin 53 di Kairo Mesir Wilayah yang akan dikembangkan mencapai lu

Oleh <strong>Muthafa Abd Rahman&nbsp;</strong>dari Kairo, Mesir
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/The Egyptian Presidency

Presiden Mesir Abdel Fatah el-Sisi (kanan) menyambut Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (kiri) di Bandara Internasional Kairo, Mesir, Minggu (4/3). Pertemuan itu makin memperkuat relasi Mesir dan Arab Saudi, salah satunya adalah kesepakatan pengembangan megaproyek NEOM di Sinai Selatan.

Kawasan yang berada di wilayah Semenanjung Sinai Selatan itu bakal menjadi bagian dari megaproyek NEOM yang dirilis Arab Saudi, 24 Oktober 2017. Kota masa depan itu berada diArab Saudi barat laut dan kebetulan berdekatan dengan perbatasan Mesir dan Jordania. Kawasan NEOM dan wilayah Sinai Selatan hanya dipisahkan oleh Teluk Aqabah.

NEOM menempati wilayah seluas 26.500 km persegi dengan nilai investasi mencapai 500 miliar dollar AS. NEOM adalah bagian utama Visi 2030 Arab Saudi yang melepaskan negara itu dari ketergantungan pada Migas.

Editor:
Bagikan
Memuat data..