logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKepercayaan Memengaruhi...
Iklan

Kepercayaan Memengaruhi Persepsi Risiko Masyarakat Menghadapi Wabah

Media massa menjadi arus utama dalam penyajian informasi terkait pandemi Covid-19 di masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap media pun bisa menentukan persepsi risiko serta perubahan perilaku masyarakat.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
Warga mengenakan masker saat pandemi Covid-19.
RADITYA HELABUMI

Warga mengenakan masker saat pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Di tengah gempuran informasi terkait pandemi Covid-19, media massa memiliki peran dan tanggung jawab besar untuk memberikan informasi yang aktual dan faktual bagi masyarakat. Informasi tersebut sangat penting untuk membangun persepsi risiko yang tepat dalam menghadapi pandemi.

”Jadi dalam menyajikan informasi, media jangan sekadar mengajar rating (peringkat), klik, ataupun view. Jika demikian, hal itu akan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada media. Padahal, kepercayaan ini penting untuk meningkatkan persepsi risiko menghadapi wabah yang terjadi,” kata staf pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Renny Yuliati, di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000