logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiMengatasi Kesenjangan Mutu...
Iklan

Mengatasi Kesenjangan Mutu Pelayanan dalam Program JKN

Seluruh penduduk Indonesia berhak mendapatkan akses layanan kesehatan yang sama. Mutu layanan di fasilitas kesehatan pun perlu terus ditingkatkan.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
Warga peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengisi formulir pendaftaran mendapat layanan kesehatan di Puskesmas Tegalrejo, Yogyakarta, Jumat (26/7/2019). Saat ini seluruh rumah sakit di Yogyakarta telah mampu melayani pasien yang terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Warga peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengisi formulir pendaftaran mendapat layanan kesehatan di Puskesmas Tegalrejo, Yogyakarta, Jumat (26/7/2019). Saat ini seluruh rumah sakit di Yogyakarta telah mampu melayani pasien yang terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Kesenjangan pelayanan rumah sakit di Indonesia masih menjadi tantangan di era program Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini, setidaknya, terlihat dari ketersediaan rumah sakit yang ada di wilayah Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur.

Data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) menunjukkan, ada 2.943 rumah sakit di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir, terdapat penambahan 181 rumah sakit.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000