logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiManfaat Optimal dengan Menyusui Bayi Selama 10 Menit

Manfaat Optimal dengan Menyusui Bayi Selama 10 Menit

Proses menyusui sangat menentukan optimalisasi pemberian ASI pada bayi. Dalam proses menyusui pun perlu diperhatikan durasi, perlekatan, serta posisi menyusui yang benar. 

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Ibu menyusui membawa anaknya mengikuti kegiatan bermain bersama di lapangan Desa Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (16/11/2020). Tempat pengungsian Desa Klakah saat ini ditempati oleh 234 anak-anak yang mengungsi dari tempat tinggal mereka di kawasan rawan bencana Merapi.

JAKARTA, KOMPAS—Air susu ibu atau ASI mengandung berbagai manfaat yang diperlukan oleh bayi. Karena itu, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kelahiran menjadi sangat penting yang kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Namun, ibu perlu memastikan ASI diberikan dengan cara yang benar.

Staf pengajar dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ RS Cipto Mangunkusumo, Klara Yuliarti`mengatakan, hal pertama yang perlu diajarkan oleh ibu dalam menyusui yakni cara perlekatan yang benar.

Editor:
Evy Rachmawati
Bagikan