logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiTingkatkan Kesadaran Pencegahan Diabetes melalui Teknologi Informasi

Tingkatkan Kesadaran Pencegahan Diabetes melalui Teknologi Informasi

Teknologi informasi diharapakan bisa lebih dimanfaatkan untuk mendukung upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat termasuk dalam mengendalikan penyakit tidak menular seperti diabetes.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Moyo Ri (kiri), peneliti dari Departemen Keperawatan Takasaki University of Health and Welfare (Jepang), mengambil sampel darah warga di Puskesmas Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Kamis (26/12/2013).

BADUNG, KOMPAS — Kesadaran masyarakat untuk mencegah dan mendeteksi dini penyakit diabetes perlu ditingkatkan. Edukasi serta promosi kesehatan pun harus lebih masif dilakukan lewat berbagai cara, termasuk dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Penguatan upaya promotif dan preventif dalam penanggulangan diabetes semakin penting karena tingginya prevalensi penyakit tersebut di Indonesia. Riset Kesehatan Dasar mencatat, prevalensi diabetes melitus (DM) berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk umur di atas 15 tahun naik dari 1,5 persen pada 2013  menjadi 2 persen pada 2018. Dari data International Diabetes Federation (IDF) Diabetes Atlas juga menunjukkan, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada 2019 menjadi 19,5 juta pada 2021. 

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan