logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPemulihan Gambut Indonesia Dapat Menghemat Miliaran Dollar AS

Pemulihan Gambut Indonesia Dapat Menghemat Miliaran Dollar AS

Kondisi lahan gambut yang terjaga akan memberikan banyak manfaat tidak hanya dalam skala lokal, tetapi juga regional dan global.

Oleh
Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Lokasi lahan gambut yang akan direstorasi dalam penelitian ini ditunjukkan dengan warna merah (a) pengurangan areal terbakar, (b) rata-rata konsentrasi PM 2,5, (c) disability affected life years (DALYs) dari paparan PM 2,5 , serta (d) akibat restorasi gambut ditunjukkan dengan skala warna hijau, biru, dan ungu.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia bisa menghemat biaya miliaran dollar AS jika bisa menjaga dan memulihkan lahan gambutnya. Selain itu, upaya ini dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah 12.000 kematian dini.

Hasil kajian para peneliti dari University of Leeds ini diterbitkan di jurnal Nature Communications pada Kamis (2/12/2021). Hasil riset ini diperoleh dengan menganalisis data emisi kebakaran dan tutupan lahan berbasis model satelit. Peneliti menemukan bahwa restorasi lahan gambut dapat menghasilkan penghematan ekonomi sebesar 8,4 miliar dollar AS untuk kurun 2004-2015.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan