logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiRokok, Polusi Udara, dan Infeksi Jadi Ancaman Utama Paru Orang Indonesia

Rokok, Polusi Udara, dan Infeksi Jadi Ancaman Utama Paru Orang Indonesia

Kualitas udara dalam ruang dan luar ruang bagi masyarakat Indonesia pada umumnya belum dalam kategori baik. Ini menempatkan masyarakat pada risiko berbagai penyakit pernapasan yang mematikan.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Untuk mengatasi polusi udara, selain adanya pembatasan tempat merokok, ditegakkan juga larangan merokok di tempat-tempat yang telah ditentukan.

JAKARTA, KOMPAS — Penyakit paru dan pernapasan telah menjadi salah satu masalah global dan nasional yang memicu kematian dini jutaan orang setiap tahun. Menghindari asap rokok, pajanan polusi udara, selain mencegah terjadinya infeksi juga merupakan kunci untuk mengatasi hal ini.

Peringatan dan rekomendasi ini disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto dalam keterangan pers menyambut Hari Paru Dunia, Jumat (24/9/2021). ”Lima penyakit paru utama yang merupakan penyebab terbanyak kesakitan dan kematian di seluruh dunia adalah kanker paru, tuberkulosis, infeksi saluran pernapasan, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan asma,” katanya.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..