logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPerbaikan Tata Kelola Aplikasi...
Iklan

Perbaikan Tata Kelola Aplikasi PeduliLindungi Mendesak

Pembenahan pada aplikasi PeduliLindungi perlu dilakukan secara komprehensif. Kendala yang dihadapi masyarakat dalam penggunaan aplikasi ini dapat menghambat pelacakan dan pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/RUZMNcqJc9jPeIptl2Ij5e9mJGk=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F20210918egiA-budur_1631964517.jpg
KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Sejumlah wisatawan bertanya kepada petugas tentang proses check in di Taman Wisata Candi Borobudur menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Sabtu (18/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Masyarakat masih banyak mengeluhkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Seiring pemanfaatan aplikasi tersebut yang semakin tinggi dan menjadi syarat masuk ke sejumlah fasilitas publik, perbaikan dari tata kelola aplikasi tersebut amat diperlukan. Hal ini terutama untuk memastikan fungsi pelacakan melalui aplikasi PeduliLindungi tetap berjalan optimal.

Ketua Satuan Tugas Sistem Informasi Satu Data untuk Covid-19 PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Joddy Hernady di Jakarta, Jumat (24/9/2021), mengakui, berbagai kendala masih dihadapi dalam pengembangan aplikasi PeduliLindungi. Keterlambatan dalam merespons keluhan masyarakat terkait penggunaan aplikasi tersebut pun masih terjadi.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000