logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiVaksin Janssen Bisa Satu Dosis, Dua Dosis Lebih Baik

Vaksin Janssen Bisa Satu Dosis, Dua Dosis Lebih Baik

Suntikan ”booster”, dua bulan setelah menerima vaksin satu dosis Janssen, membuat vaksin ini bisa memberikan perlindungan sebesar 94 persen sehingga efektif melawan virus korona.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Pedagang pasar dan masyarakat umum menjalani vaksinasi Covid-19 di Pasar Gunung Sari Trade Center, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). Kegiatan tersebut menyiapkan 500 dosis vaksin.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia telah menerima 500.000 vaksin Covid-19 Janssen atau Johnson & Johnson melalui kerja sama bilateral dengan Belanda. Sekalipun bisa memberikan perlindungan hanya dari satu dosis suntikan, vaksin ini bisa memberi proteksi sampai 94 persen jika disuntikkan dua dosis.

Kepala Janssen Research & Development di Johnson & Johnson (J&J) Mathai Mammen, Selasa (21/9/2021), mengumumkan bahwa penelitian baru menunjukkan dua dosis vaksin Covid-19 buatan mereka menawarkan perlindungan yang lebih kuat terhadap penyakit tersebut. Sebelumnya, pada Januari 2021, J&J menyatakan bahwa satu kali suntikan vaksin mereka 66 persen efektif dalam mencegah Covid-19 sedang dan 85 persen melindungi terhadap gejala yang paling serius.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..