logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiUpaya Atasi Tuberkulosis Harus Lebih Fokus kepada Anak Muda

Upaya Atasi Tuberkulosis Harus Lebih Fokus kepada Anak Muda

Banyak orang muda mengalami beban berat tuberkulosis yang juga dapat berdampak pada penyebaran penyakit, tetapi kelompok usia ini sering diabaikan dalam program pemberantasan tuberkulosis.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Tren tuberkulosis di kalangan anak muda cenderung meningkat. Kelompok usia ini juga mengalami beban berat tuberkulosis, selain dapat berkontribusi menyebarkannya. Akan tetapi, mereka sering diabaikan dalam program eliminasi penyakit yang menewaskan 1,4 juta orang dalam setahun ini.

Kajian terbaru dari para peneliti di Karolinska Institutet di Swedia telah memetakan faktor-faktor kunci yang memengaruhi hasil pengobatan pada anak usia 10 hingga 24 tahun dengan tuberkulosis di Brasil yang tengah mengalami peningkatan penyakit ini. Untuk menghadapi epidemi tuberkulosis global, para peneliti mengatakan bahwa fokus yang lebih besar diperlukan terhadap kelompok usia ini dalam program tuberkulosis. Studi ini dipublikasikan di The Lancet Global Health pada Selasa (14/9/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, tuberkulosis (TB) merupakan penyebab utama kematian dari agen infeksi tunggal secara global. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), TB telah menewaskan 1,4 juta orang pada 2019.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..