logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBelum Ada Perbaikan dalam Perlindungan Pembela HAM Lingkungan

Belum Ada Perbaikan dalam Perlindungan Pembela HAM Lingkungan

Upaya penegakan dan perlindungan HAM, khususnya bagi pembela HAM lingkungan, dinilai belum optimal. Pembela HAM masih menghadapi sejumlah ancaman, baik di lapangan maupun media digital.

Oleh SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Laporan oleh Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) pada periode Januari-April 2021 mencatat ada 10 peristiwa pelanggaran HAM terhadap pembela HAM lingkungan. Laporan ini dipublikasikan pada Selasa (31/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Upaya menegakkan dan melindungi para pembela hak asasi manusia di bidang lingkungan dinilai belum menunjukkan kemajuan signifikan. Mereka masih menghadapi sejumlah ancaman, baik kekerasan fisik, kriminalisasi, maupun ancaman di platform digital.

Laporan oleh Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) pada periode Januari-April 2021 mencatat 10 peristiwa pelanggaran HAM terhadap pembela HAM lingkungan. Pelanggaran paling banyak berupa penangkapan (5 peristiwa), disusul serangan fisik (3), penahanan (3), peradilan yang tidak adil (3), pemerkaraan hukum (2), perusakan (1), dan perampasan tanah (1).

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan