logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiWaspadai Racun di Sekitar Kita

Waspadai Racun di Sekitar Kita

Tak hanya polusi udara atau zat-zat hirupan yang berbahaya bagi kesehatan. Diam-diam, peralatan masak, karpet tahan air, kosmetik, dan produk perawatan sehari-hari bisa mengganggu sistem tubuh.

Oleh
ATIKA WALUJANI MOEDJIONO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Warga membuang label kemasan minuman sebelum botol plastik dijual ke Bank Sampah Warga Berguna (Sawarna) di Sekretariat PKK dan RW 004, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (13/12/2018).

Selama ini kita banyak mengkhawatirkan polusi udara yang dalam jangka panjang bisa menyebabkan terganggunya sistem imun dan timbulnya respons inflamasi berlebihan terhadap patogen (mikroorganisme penyebab penyakit) umum. Akan tetapi, tanpa disadari, banyak zat pencemar di sekitar kita, yang dipakai sehari-hari, juga mengganggu sistem imun.

Dalam 10 tahun terakhir, menurut kajian Karolina Nowak, Ewa Jablońska, dan Wioletta Ratajczak-Wrona dari Departemen Immunologi Universitas Kedokteran Bialystok, Polandia, di jurnal Environment International, 8 Februari 2019, para peneliti meningkatkan perhatian terhadap efek zat-zat pengganggu hormon endokrin (EDC) pada kesehatan manusia, termasuk dampaknya terhadap sistem kekebalan tubuh.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan