logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBelajar dari Covid-19 dalam Menuntaskan Tuberkulosis

Belajar dari Covid-19 dalam Menuntaskan Tuberkulosis

Upaya penanganan Covid-19 seharusnya bisa diadopsi ke dalam upaya pengendalian tuberkulosis. Dengan komitmen yang kuat, persoalan kesehatan masyarakat yang besar ini bisa dituntaskan lebih optimal.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bersiap mengambil sampel darah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Cirebon untuk pemeriksaan tuberkulosis dan HIV di Auditorium Adang Hamara Lapas Narkotika Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/3/2020).

Pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari satu setengah tahun memberikan pelajaran bahwa masalah kesehatan bisa diatasi secara optimal jika ditangani secara kolektif. Di samping itu, faktor dukungan komitmen pendanaan  yang kuat pun diperlukan.

Cara itu pula yang diharapkan bisa diterapkan dalam pengendalian penyakit lain seperti tuberkulosis yang setiap tahun telah merenggut nyawa jutaan jiwa manusia di seluruh dunia. Upaya pengendalian tuberkulosis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Covid-19. Semakin dini terdeteksi, semakin cepat pengobatan bisa diberikan. Potensi penularan pun bisa dicegah agar tidak meluas.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..