logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPerkuat Mitigasi Covid-19 di Perdesaan

Perkuat Mitigasi Covid-19 di Perdesaan

Penularan Covid-19 semakin meluas hingga ke masyarakat di perdesaan. Pengendalian pun harus diperluas, terutama upaya pelacakan dan pemeriksaan kasus sehingga setiap kasus bisa cepat ditemukan dan ditangani.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Tim dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, melakukan penelusuran riwayat kontak pasien positif Covid-19 di Jurang Sate, Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kamis (29/7/2021).  

JAKARTA, KOMPAS — Upaya pelacakan dan pemeriksaan kasus Covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia perlu diperkuat, tidak terkecuali di wilayah perdesaan. Pemeriksaan yang minim menyebabkan kasus yang dilaporkan di perdesaan terlihat kecil. Padahal, jika melihat data kematian justru melonjak.

Epidemiolog dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Yudhi Wibowo, mengatakan, pemahaman dan kesadaran masyarakat yang masih rendah akan penularan Covid-19 menyebabkan pengendalian di perdesaan menjadi lebih sulit. Hal itu juga diperburuk oleh upaya pencegahan lain seperti pelacakan dan pemeriksaan yang tidak optimal.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..