logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBuah Manis Relasi Peneliti dan...

Buah Manis Relasi Peneliti dan Industri

Peneliti LIPI dan PT Gerlink menunjukkan kolaborasi riset bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan sekaligus laku dipasarkan. Produknya berupa alat bantu pernapasan beraliran oksigen tinggi kini telah dipasarkan.

Oleh
PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/7rYMBVSkMkbhrkUYB1qEKynvd_M=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2F02222f99-9132-4b23-ad07-9651ff7318ef_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Karya inovasi  dipamerkan dalam mini-expo di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020). Kegiatan tersebut merupakan upaya bersama-sama yang terdiri dari lembaga perguruan tinggi, pelaku industri, dan pemerintah untuk berkolaborasi memanfaatkan hasil inovasi dalam mengembangkan industri alat kesehatan dalam negeri.

Mandeknya hilirisasi hasil riset yang berdampak pada belum tersambungnya berbagai produk inovasi dengan kebutuhan industri hingga kini masih menjadi tantangan di Indonesia. Meski demikian, ada sejumlah contoh baik relasi penelitian dengan kebutuhan industri yang bisa menunjang hilirisasi.

Sebab tanpa kolaborasi antara peneliti dan industri, hampir mustahil hasil riset ataupun inovasi dapat tersebar atau dikomersialisasikan dengan baik. Hal ini juga disadari Hendri Maja Saputra, Ketua Kelompok Penelitian Otomasi Industri Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan