logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPenurunan Kasus Covid-19 yang Semu Bisa Berakibat Fatal

Penurunan Kasus Covid-19 yang Semu Bisa Berakibat Fatal

Pemeriksaan kasus Covid-19 menjadi kunci dalam upaya pengendalian laju penularan di masyarakat. Karena itu, pemeriksaan spesimen harus dilakukan secara masif di semua daerah.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Petugas medis mengambil sampel cairan dari saluran pernapasan seorang anak yang memanfaatkan layanan tes Covid-19 di kawasan Bintaro Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (9/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Pemeriksaa kasus Covid-19 yang masif diperlukan untuk mengetahui kondisi penularan yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Dengan pemeriksaan ini pula, kasus positif bisa segera terdeteksi sehingga potensi penularan bisa dicegah. Sebaliknya, jika kasus yang dilaporkan menurun karena pemeriksaan berkurang, hal ini bisa berbahaya pada pengendalian Covid-19.

Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan menyampaikan, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia yang dilaporkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menurun dalam beberapa hari ini. Namun, penurunan ini bisa terjadi karena jumlah tes yang dilakukan juga menurun. 

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..