logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKonsumen Ramah Lingkungan Dibutuhkan

Konsumen Ramah Lingkungan Dibutuhkan

Kesadaran masyarakat untuk membeli produk-produk ramah lingkungan atau berkelanjutan terus tumbuh. Upaya menumbuhkan kesadaran terhadap isu lingkungan tersebut bisa dimulai dari hal kecil di rumah.

Oleh SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Perajin memperlihatkan salah satu produk inovasinya berupa pembalut wanita ramah lingkungan di Rumah Batik Zie, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (12/11/2020). Mereka saat ini harus membuat inovasi kain batik dengan berbagai macam produk turunannya.

JAKARTA, KOMPAS — Kesadaran publik untuk mengonsumsi produk ramah lingkungan dan barang secukupnya terus digalakkan. Hal ini diharapkan mendorong produsen untuk memberi pilihan produk serupa dan lebih banyak pemberian label produk berkelanjutan.

Menurut anggota Dewan Pengawas Yayasan WWF Indonesia Natalia Soebagjo, di Jakarta, Minggu (18/7/2021), konsumen harus memiliki pola pikir untuk membeli produk-produk baik. Itu berarti produk tersebut dibuat secara bertanggung jawab oleh produsen, baik dari pemilihan bahan baku yang berkelanjutan, proses produksi ramah lingkungan, hingga proses yang ramah pada pekerjanya.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..