logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiSituasi Kritis, Desakan Penyelamatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Menguat

Situasi Kritis, Desakan Penyelamatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Menguat

Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia mendorong pemerintah untuk memperkuat upaya penyelamatan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang kini sudah dalam kondisi darurat dan kritis.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Tenaga kesehatan memasang infus pada pasien Covid-19 yang dirawat di tenda darurat di halaman Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Minggu (4/7/2021). Beberapa saat sebelumnya, sebanyak 63 pasien di RS tersebut meninggal dalam kurun waktu sehari semalam ketika pasokan oksigen ke RS itu tersendat.

JAKARTA, KOMPAS - Rumah sakit yang berada di Pulau Jawa nyaris penuh. Jumlah tenaga kesehatan yang terpapar dan meninggal terus bertambah. Sementara jumlah kasus penularan dan kematian terkait Covid-19 meningkat tajam. Upaya menekan laju penularan pun harus lebih agresif untuk menyelamatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang kini sudah kritis.

“Kami minta perhatian khusus kepada bapak Presiden bahwa saat ini sudah dalam kondisi darurat dan kritis yang tidak mungkin disamakan dengan situasi normal lainnya. Upaya penyelamatan fasyankes dan tenaga kesehatan sangat penting. Semua rumah sakit hari ini nyaris penuh terutama di Jawa,” ujar Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Lia G Partakusuma dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Jakarta, Senin (5/7/2021).

Editor:
Bagikan
Memuat data..