logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKasus Marsinah, Udin, dan Kambing Hitam dari Masa ke Masa

Kasus Marsinah, Udin, dan Kambing Hitam dari Masa ke Masa

Sejumlah peristiwa yang menarik perhatian publik diwarnai munculnya sosok-sosok tertuduh yang cuma kambing hitam. Ini bukti berita bohong bukan hanya fenomena kekinian, karena sejak dulu sudah ada berbagai kepentingan.

Oleh Adi Prinantyo
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SONYA HELLEN SINOMBOR

Dian Septi Trisnanti, Koordinator Marsinah FM yang juga Ketua Umum Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI), membacakan pernyataan sikap Ikatan Buruh Perempuan pada Malam Renungan Marsinah: Usut Tuntas Kasus Marsinah, Pertahankan Demokrasi, Sabtu (8/5/2021). Dia mempertanyakan komitmen Pemerintah Indonesia yang selama 28 tahun tidak kunjung menuntaskan kasus pelanggaran HAM terhadap Marsinah.

Telaah soal kambing hitam bisa dimulai dari kasus terbunuhnya aktivis buruh Marsinah di Sidoarjo, Jawa Timur, 1993. Marsinah yang menjadi ikon gerakan pekerja, diduga tewas karena dibunuh oknum tentara. Namun, tentu saja dugaan ini tidak pernah muncul ke permukaan, karena kala itu pemerintahan Orde Baru tengah kuat-kuatnya.

Maka dihadirkan Yudi Susanto, pimpinan PT Catur Putra Surya (CPS), tempat Marsinah bekerja, sebagai tersangka. Hanya saja, pembuktian atas keterlibatan Judi dalam persidangan, sangat lemah karena ada beberapa kejanggalan.

Editor: haryodamardono
Bagikan
Memuat data..