logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiAntariksawan China Mulai Huni Stasiun Luar Angkasa China

Antariksawan China Mulai Huni Stasiun Luar Angkasa China

Selama beberapa dekade terakhir, China memang menggelontorkan dana sangat besar untuk berbagai proyek keantariksaan dan penerbangan luar angkasanya.

Oleh MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/XINHUA/LI GANG

Antariksawan China, Nie Haisheng (kanan), Liu Boming (tengah), dan Tang Hongbo, dalam upacara pelepasan ketiga antariksawan tersebut sebelum mengendarai wahana antariksa Shenzhou-12 dan diluncurkan ke luar angkasa dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China pada Kamis (17/6/2021).

Tiga antariksawan China atau disebut juga taikonaut mulai menghuni modul Tianhe, modul pertama dan utama dari stasiun luar angkasa China yang baru dan sedang dalam proses pembangunan Tiangong. Mereka akan tinggal di sana selama tiga bulan yang merupakan misi luar angkasa berawak terlama dalam sejarah China.

Ketiga antariksawan China itu adalah Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo. Seperti dikutip dari Xinhua, ketiga taikonaut itu memasuki modul Tianhe pada Kamis (17/6/2021) pukul 18.48 waktu China atau 17.48 WIB setelah menempuh perjalanan lebih dari 9 jam sejak diluncurkan dari Bumi.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..