logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPengakuan Dunia Terhadap Metode Wolbachia

Pengakuan Dunia Terhadap Metode Wolbachia

Hasil studi penggunaan bakteri Wolbachia untuk mengendalikan demam berdarah dengue di Daerah Istimewa Yogyakarta ini diakui dunia. Kesuksesan menekan kasus infeksi virus dengue itu bisa direplikasi di daerah lain.

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI WMP YOGYAKARTA

Profesor Adi Utarini, ilmuwan Indonesia dari UGM memimpin riset WMP Yogyakarta untuk aplikasi Wolbachia untuk eliminasi dengue di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017-2020.

JAKARTA, KOMPAS – Ilmuwan  Indonesia berkolaborasi dengan ilmuwan Australia di bawah program World Mosquito Program untuk berkontribusi mengatasi demam berdarah dengue. Melalui riset aplikasi Wolbachia untuk eliminasi dengue yang dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2017-2020, pengurangan kasus dengue mencapai 77 persen.

Hasil uji efikasi Wolbachia di Yogyakarta ini diakui dunia dengan dipublikasikan di salah satu jurnal ilmiah kesehatan terkemuka dunia The New England Journal of Medicine atau NEJM. Uji efikasi Applying Wolbachia to Eliminate Dengue (AWED) atau Aplikasi Wolbachia untuk Eliminasi Dengue, dilakukan World Mosquito Program (WMP).

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..