logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKelancaran Vaksinasi Butuh Dukungan Komprehensif Banyak Pihak

Kelancaran Vaksinasi Butuh Dukungan Komprehensif Banyak Pihak

Keberhasilan vaksinasi Covid-19 bergantung pada rangkaian proses produksi, distribusi, dan penyuntikkannya kepada penerima. Karena itu, dukungan semua pihak di setiap proses itu akan sangat berarti.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Warga menjalani vaksinasi di Perumahan Vila Mutiara Gading 1, RT 003 RW 018 Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021). Sebanyak 29 warga di perumahan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 seusai hajatan. Karantina lokal dijalankan dan pelacakan terus dilakukan dengan tes antigen lanjutan Selasa (8/6/2021) terhadap 100 warganya dan dilanjutkan vaksinasi bagi yang hasilnya negatif.

JAKARTA, KOMPAS — Meski bukan kunci utama dalam penanganan Covid-19, vaksinasi menjadi satu langkah pencegahan yang harus dijalankan secara optimal. Dukungan semua pihak dibutuhkan agar program vaksinasi di Indonesia bisa berjalan lancar. Selain memastikan jumlah vaksin yang tersedia mencukupi, proses distribusi dan pelaksanaan vaksinasi juga perlu diperhatikan.

Kepala Divisi Ritel dan Pelayanan PT Bio Farma, Mahsun Muhammadi di Jakarta, Selasa (8/6/2021), mengatakan, jumlah vaksin yang tersedia saat ini diharapkan bisa cukup untuk mencapai target satu juta penyuntikan per hari. Namun, kelancaran vaksinasi tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan dosis vaksin saja.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..