logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiVaksin AstraZeneca Kode Produksi CTMAV 547 Kembali Digunakan

Vaksin AstraZeneca Kode Produksi CTMAV 547 Kembali Digunakan

Setelah melakukan pengujian vaksin Covid-19 AstraZeneca dengan kode produksi CTMAV 457, Badan Pengawas Obat dan Makanan menyatakan vaksin ini aman untuk digunakan.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Vaksinator menyuntikkan dosis pertama vaksin AstraZeneca saat vaksinasi Covid-19 bagi karyawan toko dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Mal Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (25/5/2021). Vaksinasi akan berlangsung tiga hari dengan sasaran vaksinasi untuk 1.800 orang. Akselerasi vaksinasi dan penurunan jumlah kasus baru Covid-19 menjadi salah satu kunci untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Hingga Selasa (25/4), Kementerian Kesehatan mencatat dosis pertama vaksin Covid-19 telah diberikan kepada 15.330.306 orang. Sementara untuk dosis kedua telah disuntikan kepada 10.125.480 orang di seluruh Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS — Vaksin Covid-19 AstraZeneca dengan kode produksi CTMAV 547 kembali digunakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan menyatakan bahwa tidak ada keterkaitan antara mutu vaksin tersebut dan kejadian ikutan pascavaksinasi parah yang dilaporkan. Namun, pemerintah diminta mempertimbangkan penggunaan vaksin ini untuk usia lanjut.

Pada Jumat (28/5/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis hasil pengujian vaksin Covid-19 AstraZeneca kode produksi CTMAV 547 di laman resminya. Dalam keterangan itu, BPOM menyatakan toksisitas abnormal dan sterilitas vaksin ini memenuhi syarat mutu dan aman digunakan.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..