logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiJangan Salahkan Hujan, Perkuat Mitigasi

Jangan Salahkan Hujan, Perkuat Mitigasi

Hujan ekstrem semakin sering terjadi seiring laju pemanasan global sehingga meningkatkan ancaman bencana. Namun, banjir hanya terjadi jika kita gagal memitigasi dan mengelola lingkungan.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Sebuah gedung tua Marba yang berada di antara genangan banjir di kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021). Bencana banjir masih menjadi ancaman serius dalam beberapa pekan ini karena intensitas hujan yang tinggi.

Dalam lima tahun terakhir, kita semakin sering menyaksikan pecahnya rekor hujan ekstrem di berbagai daerah. Perubahan iklim yang telah hadir berisiko memicu perubahan pola hujan, dengan salah satu cirinya meningkatnya frekuensi dan curah hujan harian.  Namun banjir adalah soal tata kelola.

Peneliti perubahan iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Siswanto terkejut saat malam itu menyaksikan perubahan tiba-tiba citra radar di atas wilayah Jakarta pada Jumat (19/2/2021). Hanya dalam kurun satu jam, atmosfer Jakarta yang semula cerah mulai tertutup awan dan turun hujan lebat.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..