logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiLemahnya Pengawasan Turut Memicu Kerusakan Lingkungan

Lemahnya Pengawasan Turut Memicu Kerusakan Lingkungan

Lemahnya pengawasan dan tidak terbukanya informasi turut memicu kerusakan lingkungan. Kondisi tersebut memperparah bencana yang terjadi di sejumlah daerah, terutama banjir dan longsor.

Oleh PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO

Sisa-sisa batubara di dekat lubang bekas tambang di Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (22/1/2021). Kerusakan lingkungan di hulu Sungai Martapura ini membuktikan pemicu bencana alam karena kerusakan lingkungan.

JAKARTA, KOMPAS — Kerusakan lingkungan hingga menyebabkan bencana di sejumlah daerah tidak terjadi karena faktor tunggal. Namun, bencana terjadi akibat akumulasi kerusakan lingkungan dari waktu ke waktu. Hal ini sulit dicegah karena lemahnya pengawasan dan keterbukaan informasi ke publik.

Hal tersebut mengemuka dalam diskusi daring bertajuk ”Sengkarut Tata Ruang di Balik Banjir Berulang”, Kamis (28/1/2021). Turut hadir sebagai pembicara diskusi itu antara lain Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB University Hariadi Kartodihardjo dan Direktur Eksekutif Forest Watch Indonesia (FWI) Soelthon Gussetya Nanggara.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..