logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiMenjaga Keberlanjutan Inovasi

Menjaga Keberlanjutan Inovasi

Situasi pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi bangsa Indonesia melahirkan berbagai riset dan inovasi dalam negeri. Sinergi berbagai pihak perlu dijaga demi keberlanjutan proses riset dan inovasi nasional.

Oleh MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Yuniadhi Agung

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro (tengah) meninjau laboratorium bergerak Biosafety Level 2 yang diparkir di halaman Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (30/8/2020). Laboratorium bergerak untuk pengujian spesimen Covid-19 tersebut merupakan racangan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan merupakan sumbangan dari CSR Bank BNI.

Pandemi Covid-19 menunjukkan bangsa Indonesia sebenarnya mampu menghasilkan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dan bernilai ekonomi. Kesolidan berbagai pihak untuk mewujudkan inovasi tersebut perlu dijaga agar terus berlanjut dalam situasi apa pun, termasuk saat pandemi telah usai nantinya, serta mampu diperluas untuk sektor inovasi lain.

Koordinasi yang selama ini jadi masalah akut dalam proses riset dan inovasi di Indonesia nyatanya bisa diatasi selama sepuluh bulan terakhir. Komando yang jelas membuat ide yang muncul bisa diwujudkan. Egosektoral pun bisa ditekan dengan tetap menghargai kewenangan dan kompetensi masing-masing pihak.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..