logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiInvestasi Sirkular Ekonomi Beri Manfaat 10 Miliar Dollar AS

Investasi Sirkular Ekonomi Beri Manfaat 10 Miliar Dollar AS

Apabila sampah plastik dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, nilai sirkular ekonominya 10 miliar dollar AS. Ini menunjukkan pengelolaan sampah yang baik tak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga ekonomi.

Oleh PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Air kali yang menghitam dan sampah menumpuk terlihat di Kali Jambe di Kelurahan Jati Mulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). Tumpukan sampah yang memenuhi kali berupa sampah plastik, kain, kayu, dahan pohon, dan sampah rumah tangga lainnya membentuk daratan di tengah kali.

JAKARTA, KOMPAS — Upaya menanggulangi permasalahan lingkungan khususnya polusi sampah plastik kini banyak dipadukan dengan kegiatan sirkular ekonomi. Melalui investasi dalam program lingkungan tersebut, Indonesia tidak hanya akan mengurangi sampah plastik di laut hingga 70 persen, tetapi juga dapat memberikan pendapatan 10 miliar dollar AS per tahun dalam 20 tahun ke depan.

Ketua National Plastic Action Partnership (NPAP) Indonesia Sri Indrastuti Hadiputranto menyampaikan, sampah plastik masih menjadi permasalahan lingkungan yang dihadapi negara-negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. NPAP mencatat, sebanyak 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia setiap tahunnya tidak dapat dikelola dengan baik.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan