logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiLimbah Medis Bisa Menjadi Sumber Penularan

Limbah Medis Bisa Menjadi Sumber Penularan

Limbah medis yang dihasilkan, seperti masker sekali pakai, tisu, jarum suntik, dan alat pelindung diri, berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19 bagi masyarakat. Petugas kebersihan dan pemulung rentan tertular.

Oleh ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pemilik toko bahan roti di kawasan Kranji, Bekasi, Jawa Barat, memasang spanduk imbauan untuk mengenakan masker, Selasa (21/4/2020). Toko tersebut menerapkan kedisiplinan protokol pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Penerapan tersebut dapat menjadi contoh bagi usaha yang masih diberi kelonggaran untuk buka selama kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bekasi, tetapi berpotensi menimbulkan kerumunan.

JAKARTA, KOMPAS — Sampah dari rumah tangga yang dihuni pasien dalam pengawasan ataupun orang dalam pemantauan Covid-19 yang menjalani perawatan atau isolasi mandiri membutuhkan penanganan khusus. Limbah medis yang dihasilkan, seperti masker sekali pakai, tisu, jarum suntik, dan alat pelindung diri, berpotensi menjadi sumber penularan baru bagi masyarakat, khususnya petugas kebersihan dan pemulung.

Karena itu, masyarakat diminta mengurangi penggunaan masker medis dan mengganti dengan masker sekali pakai dari kain yang bisa dicuci dan dipakai ulang di tengah pandemi Covid-19, penyakit yang disebabkan virus korona baru ini.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..