logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiHindari Penularan Covid-19, Segera Potong Masker Bekas

Hindari Penularan Covid-19, Segera Potong Masker Bekas

Penyebaran penyakit Covid-19 akibat virus korona baru terus meluas. Pemanfaatan alat pelindung diri pun meningkat. Masyarakat mesti waspada terhadap limbah infeksius dari penyakit ini.

Oleh ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRADIPTA PANDU MUSTIKA

Sisa limbah medis yang menumpuk di Panguragan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/11/2019). Limbah medis ini merupakan sisa dari kasus di Cirebon pada 2017 lalu yang belum tertangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ataupun warga sekitar.

JAKARTA, KOMPAS — Penanganan pandemi Covid-19 menimbulkan efek samping berupa tambahan timbulan limbah medis yang sangat banyak. Peningkatan kesadaran masyarakat untuk memakai alat pelindung diri, seperti masker sekali pakai hingga sarung tangan, menyebabkan sampah yang masuk kategori limbah bahan beracun berbahaya tersebut mengalami peningkatan.

Padahal, sebagai limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) karena bersifat infeksius atau berpotensi menyebabkan penyebaran penyakit, dibutuhkan penanganan khusus. Pemerintah daerah ataupun dukungan pelaku usaha diharapkan segera turun untuk membangun sistem pengangkutan alat-alat pelindung diri dari rumah ataupun fasilitas layanan kesehatan pertama, seperti puskesmas dan klinik.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..